Pengalaman Pertama Short Trip ke Bangkok Thailand

Sawasdee krub…

Hai!!! Kali ini gue penuh semangat banget buat ceritain perjalanan 2 hari 1 malam gue ke Thailand dengan persiapan kurang dari seminggu!

Sebenarnya gue udah kepikiran banget buat pergi ke Thailand sejak tahun 2020, namun sayangnya harus tertunda begitu lama karena pandemi Covid-19. Di bulan Juli tahun 2022 dalam waktu kurang dari seminggu, akhirnya gue memantapkan hati untuk pergi ke Thailand sendirian dengan modal nekat. Gue pergi dari Bandara Soekarno Hatta pukul 05:00 pagi dengan pesawat Thai Lion Air dan ini kali pertama gue pakai paspor baru gue setelah penggantian untuk perpanjang masa berlakunya, juga kali pertama pergi ke luar negeri dengan bermodalkan sudah vaksin booster. Saat masuk dalam kapal, disambut dengan pramugari “sawasdee kha” aww… gue serasa mimpi… hehehe… suaranya empuk banget weh… :”””” selama perjalanan cuma bisa terdiam aja sih ya karena dapet duduk di pinggiran dekat jalan tengah, bukan dekat jendela selama lebih kurang 3,5 jam. Saat tiba di Bandara Don Mueang cukup menunjukkan bukti sudah vaksin aja sebelum masuk ke imigrasi. Proses imigrasi berlangsung sangat mudah dan ga pakai ribet ditanya ini itu. Setelah itu, gue ke toilet untuk setoran hehee… Kemudian ramai suara “Indonesia beli paket internet murah” ternyata para penjual di sana sepertinya sudah biasa berbicara bahasa Indonesia untuk mempromosikan paket internet. Kebetulan gue udah beli dari Indonesia paket internetnya, namun gue kira butuh satu lagi biar tidak tathering terus-menerus sekalian tukar uang jadi pecahan lainnya. Cukup serahkan paspor dan hp-nya, tidak pakai lama langsung bisa dipakai dan BOOM! Signal langsung dapat 5G.. wah… ga tanggung-tanggung guys!

FYI, sebelumnya gue udah sempat lihat cara untuk ke pusat kota menggunakan  transportasi umum di youtube biar ga bingung-bingung banget. Tapi nyatanya, tetap bingung karena jalan yang gue kira salah… ternyata malah bener… sampai gue pastiin 2 kali tanya ke resepsionisnya untuk menuju ke stasiun don mueang. Arah jalannya memang seperti lewat jalan kecil seakan jembatan penghubung aja antara kedatangan internasional dengan keberangkatan domestik.

Akhirnya gue sampai di Stasiun Don Mueang atau Red Line dan langsung membeli tiket di counter. Gue baru tau kalau pindah dari BRT, dll itu beda stasiun bahkan ada yang harus ke luar dulu untuk pindah ke stasiun tujuan. Jujur, ini pengalaman yang seru banget sih… karena gue bisa menginal di Pullman Asok Sukhumvit dengan harga yang lebih murah padahal harga biasanya lebih mahal. Seharian ini gue keliling mall, seperti Siam Paragon, Siam Center, MBK, dll pergi ke chatucak market walaupun panas banget, melihat Universitas Chula, bahkan sampai ikutan berburu artis Thailand yang ternyata memang ada jadwalnya. Coba makanan yang hits, bahkan sampai cari tempat makan yang memang beragama Islam penjualnya karena bingung banget cari makanan yang halal karena baru pertama aja sih, sampai akhirnya tiba di satu tempat, namanya apa yaaa lupa sih yang jelas ada Masjid disitu jadi sekalian sholat deh. Gue keliling sampai pukul 20.00 WIB karena udah capek banget kakinya akhirnya memutuskan pulang untuk naik Grab dan jalanannya juga udah sepi sih tapi di cafe-cafe gitu masih ramai.

Ini dia, tepat tanggal 31 Juli 2022 gue merayakan ulang tahun di negara orang dan menganggap ini adalah hadiah buat diri sendiri walaupun harus mengasingkan diri dari “rumah” tapi gue merasa lebih senang kalau berada di sini karena wishlist gue yang tertunda selama 2 tahun terakhir bisa terwujud walaupun dengan biaya yang bisa dibilang sangat mahal, hehehe… Paginya, sarapan di hotel dan liat menu sarapannya ternyata ada sosis yang ga ada tulisan sosis apanya tapi ada gambar wajah babi, hehe.. duh.. akhirnya makan yang sekiranya aman dengan mengucapkan “Bismillah” dan gue juga nyobain kelapa thailand yang masih sama batoknya itu rasanya seger banget loh… beneran.. beda banget sama di Indonesia :”””

Sekitar pukul 09.00 pagi gue check out dan berkeliling ke daerah Sukhumvit ternyata ada yang menjual nasi briyani guys… kalau kaya di Jakarta sih.. jualan nasi uduk gitu deh… buka di suatu tempat dan lapaknya di dekat trotoar.. Insya Allah halal karena penjualnya seorang muslim. Pukul 10.00 pagi gue mesen Grab untuk pergi ke Bandara Suvarnabhumi karena melihat di Maps jalananya merah gue khawatir telat flight sehingga memilih untuk naik Grabbike. Berhubung gue udah tau, biasanya kalau naik motor pasti ga sampai tepat ditujuannya kan… harusnya diturunkan ditempat terdekat sih yang bisa dilanjut dengan transportasi lain… Nah, si abang Grabnya kaya nanya ke gue mau mastiin tujuannya tapi pakai bahasa Thai (alamaaakkkk) sopirnya ga bisa bahasa Inggris pula, tapi gue yakin banget dia mau ngomong ga bisa turun pas di bandaranya, harus turun di hub (semacam penghubung) gitu dan gue juga udah mengira karena di situ ada stasiun untuk ke Suvarnabhumi. Tapi anehnya, sopirnya malah bawa gue bener-bener bawa gue masuk sampai keberangkatan Internasional (hah??? Serius nih.. emang boleh? dalam hati hanya bergumam)   Ternyata benar saja, sopirnya ditegur oleh satpamnya pakai bahasa Thai yang gue yakin banget dia suruh buru-buru pergi dan ga boleh angkut penumpang lalu matiin aplikasinya. FYI, gue selama naik Grab di sini pembayaran menggunakan kartu kredit ya, cuma yang terakhir aja gue bayar pakai uang cash untuk menghabiskan uang pecahan kecil. Selain itu, selama naik Grab, jarang banget gue ketemu sama sopir yang udah tua… rerata masih muda… mas-masnya kaya orang kaya lagi gabut… mbak-mbaknya malah ganteng :””” dan yang muda rerata bisa Bahasa Inggris membantu mengarahkan tempat tujuan. Kalaupun ada sopir yang tua, sepertinya belum sampai umur 50 tahun deh.

Hal yang buat gue heran adalah Bandara Suvarnabhumi sangat luas dan diisi oleh tenant mewah, ada mushola juga kantin untuk “Halal Food” wah ini terbaik sih. Oya, gue baru pertama kali saat pemeriksaan sampai disuruh lepas sepatu, bahkan ketika check in pun sangat mudah, hanya butuh paspor saja dan tiket langsung tercetak. Namun, di bagian ini budaya ngaret ternyata bisa terjadi di sini. Kirain gue yang jaga orang Indonesia makanya ngaret, tetapi orang Thailand hehee… Pokoknya gue bangga banget sama diri sendiri yang udah berani keluar dari zona nyaman dan terima kasih sudah memberikan hadiah yang tak terlupakan untuk diri sendiri. Semoga dalam waktu dekat gue bisa kembali mengunjungi Thailand.

Khop Khun Krub…

Note:

Tiket PP +/- 8 juta (berangkat: Thai Lion Air, pulang: Garuda Indonesia)

Hotel Pullman Sukhumvit +/- 1,296 juta

Pemesanan kurang dari 7 hari

(Belum termasuk akomodasi/hiburan selama 2 hari 1 malam)